Jumat, 13 Mei 2016

Tips dan Info Lengkap Berlibur Ke Pantai Tiga Warna Malang

Melihat Keunikan Salah Satu Objek Wisata Populer Di Malang



Malang, salah satu kota populer di jawa timur ini menyimpan sebuah objek wisata yang sangat indah, kita tahu di kota ini terdapat banyak sekali tempat wisata menarik, contohnya saja pantai pantainya, siapa sih yang tidak tahu tentang keindahan pantai balekambang ? tapi kali ini kita akan membahas salah satu pantai indah lainnya.




foto indahnya pemandangan pantai tiga warna malang 
vitaminsea. foto : lailmaghfiroh




Namanya pantai tiga warna, ya, dinamakan tiga warna karena pantai ini memiliki tiga warna air, seringnya sih cuma terlihat dua warna saja, namun jika kita beruntung, kita bisa melihat pemandangan pantai ini dengan 3 warnanya, yaitu merah, hijau dan biru.

baca juga : indahnya air terjun tumpak sewu, serpihan surga di jawa timur

Warna merah disebabkan oleh cahaya matahari, dimana cahaya matahari terdiri dari 7 warna berbeda, nah, masing masing warna memiliki panjang gelombang berbeda beda, semakin panjang gelombang maka akan semakin kecil kekuatan warna untuk menembus air, begitupun sebaliknya, maka karena itu warna merah pada air pantai ini hanya berada pada kedalaman tidak lebih dari 20 meter.

Untuk warna hijau, ada beberapa penyebab, antara lain akibat pengendapan lumpur di dasar laut dan adanya plankton-plankton dengan jumlah besar, dan untuk warna biru sendiri, kita tahu jika warna itu memang menjadi warna air laut pada umumnya.



foto pemandangan pantai tiga warna dari atas tebing 
pemandangan dari atas tebing. foto : muhikfa



Sebenarnya lokasi dari pantai tiga warna adalah kawasan konservasi mangrove, di kawasan ini terdapat 8 pantai, tapi hanya 5 yang bisa kita kunjungi dengan berjalan kaki, yaitu pantai gatra, clungup, mini, watu pecah dan 3 warna sendiri.

baca juga : tips lengkap berlibur murah ala backpacker

Satu hal yang wajib kita tahu jika ingin berlibur kesini, untuk mengunjungi kawasan wisata ini kita diharuskan untuk melakukan reservasi (booking) terlebih dahulu, karena kuota pengunjung perhari dibatasi dengan jumlah sekitar 100 orang, jadi kita harus memesan tempat minimal 2 minggu sebelumnya.

Hal ini dilakukan oleh pengelola karena tempat ini merupakan tempat konservasi yang memang sangat dijaga, terlebih lagi masalah kebersihan, saat kamu akan masuk ke kawasan, tepatnya di pos 1 akan dilakukan pemeriksaan barang bawaan.

Barang apa saja yang kita bawa, berapa banyak jumlahnya, termasuk makanan, minuman botol, tisu, hingga kertas, semua akan dicatat, nah, saat pulang nanti akan dilakukan pemeriksaan lagi, dimana barang bawaan kita harus sama seperti saat masuk, tidak boleh kurang.

baca juga : keindahan pantai klayar yang tak diragukan lagi



foto indahnya taman bawah laut pantai tiga warna 
pemandangan bawah laut yang keren. foto : ukmdolantourtravel




Jadi jika kemarin kamu membawa tisu, kamu tidak boleh membuangnya, harus disimpan di tas ya, karena saat kamu pulang akan diperiksa lagi, hal ini bukan cuma gertakan untuk menakut-nakuti, tapi ini memang benar-benar dilakukan, dan jika barang bawaan kita kurang maka kita diharuskan untuk mencari sampah tersebut atau akan dikenakan denda sebesar 100 ribu/sampah.

baca juga : serunya berpetualang menuju air terjun kapas biru

Karena itu kamu jangan heran jika di kawasan wisata ini sangat bersih bebas dari sampah, jika tidak diberlakukan aturan tersebut, maka dipastikan tempat wisata ini akan dipenuhi sampah pengunjung, lalu sebenarnya apa sih daya tarik utama dari pantai tiga warna ?

Di pantai tiga warna kita bisa melakukan kegiatan snorkeling, pemandangan bawah laut disini tak kalah indah dengan spot-spot snorkeling lainnya di indonesia, terlebih lagi bagi kamu warga jawa timur, lokasinya dekat jadi tidak perlu jauh jauh ke pulau weh untuk melihat keindahan bawah laut.

Selain itu, kita bisa menyewa guide untuk mengantar ke spot-spot wisata, dan kita bisa mendirikan tenda di pantai gatra dimana lokasi itu menjadi spot ngecamp kita, atau kamu bisa membawa tenda sendiri dari rumah juga tidak masalah, untuk snorkeling sendiri, jika kamu tidak membawa peralatannya, sudah ada tempat penyewaan perlatan snorkeling kok.



foto indahnya milky way di pantai tiga warna 
jika beruntung, kamu bisa melihat milky way. foto : hakimsukmaaji




Lalu bagaimana cara booking tempatnya ? nah, bagi kamu yang ingin berlibur ke pantai tiga warna, dibawah ini adalah cara bagaimana reservasi di pantai tiga warna :

booking (reservasi) hanya untuk menuju pantai tiga warna, untuk pantai gatra dan pantai clungup tidak perlu booking.
maksimal booking adalah 10 orang/rombongan (tidak boleh sendiri).
waktu untuk booking adalah pada jam 08:00-16:00 WIB
tidak bisa negosiasi jika kuota sudah penuh.

Fotmat booking :
nama_tanggal datang_no hp_jam datang_jumlah orang
Sms 082132677713
Call 081233339889

kawasan konservasi mangrove ini tutup setiap hari kamis (libur mingguan).
setiap kunjungan ke pantai tiga warna dibatasi 2 jam/kunjungan.

baca juga : mari menyatu dengan alam di dusun bambu

Nah, bagaimana, apa kamu tertarik untuk mengunjunginya ? sebagai tempat wisata populer, fasilitas disini cukup memadai kok, dan bagi kamu yang ingin menginap, bisa menggunakan tenda.



Tips Saat Berlibur Ke Pantai 3 Warna :


  • bisa membawa peralatan snorkeling dan tenda sendiri atau bisa juga menyewa.
  • jangan buang sampah sembarangan atau kamu kena akibatnya.
  • bookinglah 2 minggu atau sebulan sebelum berangkat.
  • ikut paket travel (open trip) bisa menjadi pilihan alternatif.




Lokasi :


  • Alamat ; Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing wetan, Kabupaten Malang, jawa Timur.
  • 72 km dari pusat kota Malang (2 jam 13 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar