Kamis, 14 April 2016

aek manik pemantang siantar sumatera utara
memang sangat banyak mentyimpan destinasi wisata alam yang terpendam. Dari danau Toba nya yang sangat terkenal di dunia sampai dengan destinasi wisata Kawah Putih Tinggi Raja yang memukau. Satu lagi destinasi wisata yang terpendam dan masih jarang pengunjung yang datang karena belum adanya promosi ke kawasan tempat wisata tersebut. Kolam Permandian Aek Manik yang merupakan destinasi kegunungan yang mempunyai keistimewaan air pegunungan yang begitu segar.
Obyek wisata
panorama aek manik pemantang siantar suamtera utaraPermandian alam ini sebenarnya diberikan nama oleh pengelolanya adalah Bah Damanik, tetapi warga sekitar lebih mengenal dengan Aek Manik. Jadi antara kedua nama itu sama saja apabila ditemukan di peta atau penunjuk jalan. Permandian ini terbentuk secara alami, dengan tempat yang tidak begitu luas dan berada di tengah-tengah sebuah perkebunan teh yang dikelola oleh PTPN.
Air dalam permandian begitu jernih berwarna kebiruan yang segar, kolam alami yang berada diantara perbukitan kecil dengan rimbunya pepohonan membuat kolam ini tidak begitu panas walaupun pada siang hari. Permandian ini sebenarnya adalah sebuah aliran sungai, akan tetapi keunikannya air di dalam kolam ini seperti tidak bergerak mengalir. Didasar kolam terdapat hamparan pasir putih seperti pasir pantai yang lembut dan bebatuan pegunungan dengan beraneka ukuran. Terdapat beberapa ukiran relief yang menghiasi dinding kolam yang sudah kusam kelumutan. Terdapat pancuran aliran dari atas dengan membawa air pegunungan yang sangat segar. Bahkan air tersebut kata masyarakat sekitar bisa langsung diminum.
Pada siang hari apabila sedang beruntung, akan ada segerombolan monyet yang bermain bergelantungan diatas pohon diatas kolam permandian. tangga masuk aek manik pemantang siantar sumatera utaraDiujung permandian ada sebuah camping ground dan temapt untuk menyantap ikan bakar yang bisa didapatkan dengan cara memancing ataupun dengan menombak ikan yang berada di ujung perairan ini karena memang masih banyak terdapat ikan. Selain untuk permandian, aliran sungai ini juga dimanfaatkan oleh warga untuk mangairi sawah dan ladang mereka.
Lokasi
Permandian Aek Manik terletak di Perkebunan Teh PTPN Sidamanik yang beralamat di Kecamatan Sidamanik, Kota Pemantang Siantar, Propinsi Sumatera Utara.
Akses
Apabila dari Kota Medan bisa menggunakan Angkutan atau Bus menuju Pematang Siantar seperti sejahtera atau intra. Dari Pematang siantar dilanjutkan dengan menggunakan angkot rute siantar – sidamanik seperti beringin indah. perjalanan memakan waktu tempuh 25 menit , Tepat didepan lapangan desa huta lama (pasar sidamanik) berhenti dan masuk ke Jalan siamatahuting sejauh 700 meter , jika menemukan persimpangan tiga silahkan berbelok kekanan dan menemukan penunjuk jalan bah manik. Jarak tempuh 150 km dengan lama perjalanan sekitar 4 jam.
Fasilitas dan Akomodasi
Tempat wisata ini belum dikelola penuh untuk tempat wisata, hanya ada sebuah temapt kamar mandi yang hanya buat berganti baju. Belum adanya tempat parkir dan pengunjung bisa menitipkan kendaraan di rumah warga. Disarankan membawa perbekalan seperlunya, karena tidak adanya warung makanan yang ada di sekitar kolam permandian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar