Rabu, 13 April 2016

Wisata Berastagi di Tanah Karo, Alam Pegunungan nan Eksotis

Kawasan wisata Berastagi di Sumatera Utara dikenal sebagai daerah dengan iklim yang sejuk dengan udara khas pegunungan. Berastagi adalah sebuah kecamatan di Tanah Karo, terkenal dengan hasil bumi, seperti sayur dan buah. Di daerah Berastagi, terdapat sejumlah tempat menarik untuk berekreasi.Suasana alam yang segar dan sejuk dapat Anda temukan di Berastagi. Anda akan menjumpai hamparan pepohonan, kebun-kebun, serta rumput hijau di bukit-bukit. Inilah sebabnya mengapa kawasan ini menjadi destinasi favorit wisata keluarga, ramai dikunjungi kalangan penikmat perjalanan, baik dari Medan, daerah lainnya di Sumatera, wisatawan domestik, hingga kalangan mancanegara melalui pintu masuk Bandara Internasional Kualanamu di Kota Medan.
Kawasan wisata Berastagi ini memiliki persamaan yang mirip dengan kawasanwisata Puncak Bogor di Jawa Barat, wisata Kaliurang di Jogja, atauwisata Batu Malang di Jawa Timur.
Daerah wisata Berastagi secara administratif terletak di wilayah Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara. Topografi wilayahnya mencerminkan daerah yang terletak di deretan Pegunungan Bukit Barisan, berketinggian sekitar 1.300 meter dpl dan diapit oleh dua gunung berapi aktif, yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.
Inilah sebab mengapa Berastagi memiliki udara yang begitu sejuk dan terkenal dengan kesuburan tanahnya. Sejak lama, Berastagi dikenal sebagai tempat penghasil sayur dan buah paling produktif di Sumatera Utara. Di era kolonialisme Belanda, Berastagi telah menjadi sebuah pusat perkebunan dan berlangsung hingga sekarang.
Baca juga: Inilah 14 Tempat Wisata di Sumatera Utara Paling Terkenal
Jeruk dan Markisa, buah favorit dari Berastagi
Jeruk dan Markisa, buah favorit dari Berastagi via medanholidays.blogspot.com
Saat memasuki kawasan wisata Berastagi, Anda dapat menjumpai para penjual sayur dan buah-buahan yang berjejer menjajakan dagangan di sepanjang jalan. Di antara sekian banyak hasil bumi Berastagi, buah jeruk manis dan markisa adalah yang paling terkenal.
Berastagi juga dikenal dengan aneka tanaman hias. Setiap tahun, biasanya diselenggarakan Pesta Bunga dan Buah secara rutin.
Alamat Wisata Berastagi: Kecamatan Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara
Peta lokasiklik di sini
Koordinat GPS: 3.1982005,98.5120932

Spot Menarik Kawasan Wisata Berastagi

Berikut ini adalah sejumlah spot wisata dan destinasi menarik yang dapat Anda temukan di kawasan wisata Berastagi.
Baca juga: Inilah 10 Tempat Wisata di Medan Paling Menarik

1. Pemandian Air Panas Lau Debuk-Debuk

Pemandian ini terdapat di Desa Doulu, berada di kaki Gunung Sibayak. Air panas Lau Debuk-Debuk bersumber dari retakan aliran lava di daerah selatan lereng Gunung Sibayak. Objek wisata Berastagi yang satu ini berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Berastagi. Anda dapat tiba di kolam dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi.Setelah mendaki Gunung Sibayak, lazimnya banyak wisatawan berhenti dan berendam di kolam air panas ini untuk menyegarkan tubuh. Durasi pendakian ke gunung dari kolam ini biasanya ditempuh dalam waktu 2-4 jam dengan berjalan kaki. Anda hanya perlu membayar tiket masuk kolam air panas di Berastagi ini tak lebih dari Rp 8 ribu per orang.

2. Bukit Gundaling

Inilah salah satu spot wisata Berastagi yang menyuguhkan Anda panorama alam indah. Di Bukit Gundaling, Anda dapat berkeliling dengan menunggangi kuda. Udara yang sungguh sejuk di bukit ini membuatnya disukai sebagai salah satu tempat rekreasi dan relaksasi yang favorit di Berastagi. Di kawasan Bukit Gundaling, terdapat kedai-kedai dan tempat makan jika Anda ingin bersantap.
Pemandangan Gunung Sinabung dilihat dari Bukit Gundaling di Berastagi
Pemandangan Gunung Sinabung dilihat dari Bukit Gundaling di Berastagi viaid.wikipedia.org

3. Jagung Bakar di Panatapan

Tempat menarik Berastagi yang satu ini berada di Desa Douluh. Dalam bahasa Karo, “Panatapan” berarti tempat melihat-lihat. Di sini, Anda dapat menimati panorama alam Berastagi yang indah sembari menikmati santap jagung rebus, jagung bakar, dengan ditemani kopi susu hangat atau segelas teh manis panas. Anda dapat melihat jenis kera yang berada di kawasan ini, masyarakat lokal menyebutnya sebagai “gibon”.

4. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap adalah salah satu spot wisata Berastagi yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di Desa Doulu, air terjun ini berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Berastagi. Di gerbang perbatasan Kabupaten Tanah Karo – Deli Serdang, Anda dapat menjumpai pintu masuk ke lokasi air terjun Sikulikap.
Air Terjun Sikulikap di Berastagi
Air Terjun Sikulikap di Berastagi via imanueltarigantambak.blogspot.com
Jika Anda ingin sampai ke lokasi air terjun, Anda perlu turun melewati anak tangga dan jalan setapak sejauh sekitar 800 meter atau sekitar 15 menit.
Air Terjun Sikulikap berketinggian sekitar 30 meter, mengalirkan air yang bersumber dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan. Panorama alam di kawasan air terjun Berastagi yang satu ini sungguh indah. Anda dapat menyaksikan hutan tropis lebat yang mengelilinginya, dengan dinding tebing batu berdiri tegak lurus.

5. Taman Alam Lumbini

Inilah salah satu objek wisata di Berastagi yang populer, merupakan destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Di Taman Alam Lumbini, terdapat sebuah pagoda indah yang juga merupakan pagoda terbesar di Indonesia.
Taman Alam Lumbini, objek wisata Berastagi di Tanah Karo
Taman Alam Lumbini, objek wisata Berastagi di Tanah Karo via irfanhakim-juliana.blogspot.com
Anda dapat menyaksikan ornamen-ornamen indah dengan balutan warna emas tatkala berkeliling pagoda tersebut. Selain itu, menikmati keindahan taman yang mempesona di areal pagoda Lumbini adalah cara yang paling sering dilakukan wisatawan.
Baca juga: Wisata Danau Toba, Pesona Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

6. Kebun Raya Tongkoh

Terletak di Desa Tongkoh, Anda dapat memilah dan memilih tanaman hias yang ada di kebun ini jika ingin menjadikannya sebagai cendera mata dari Berastagi untuk dibawa pulang. Selain itu, Anda dapat berkeliling melihat-lihat kebun milik masyarakat, dari tanaman markisa, jeruk, hingga stroberi.

7. Desa Lingga

Desa Lingga merupakan sebuah desa kuno yang berada di Kecamatan Simpang Empat, berjarak sekitar 15 km dari Berastagi. Di desa ini, Anda dapat menelusuri wisata budaya dan mendapatkan pengetahuan sejarah di sana. Di desa tersebut, terdapat rumah-rumah tua yang berumur hingga ratusan tahun. Selain itu, Anda juga akan menjumpai sebuah museum berisi peninggalan Kerajaan Karo di desa tersebut.
Desa Lingga di Berastagi
Desa Lingga di Berastagi via pecintawisata.wordpress.com

8. Bukit Kubu

Di Bukit Kubu, Anda akan disuguhi panorama padang rumput hijau yang menyejukkan. Selain itu, Anda dapat berkeliling di sana untuk menyaksikan sejumlah rumah-rumah peninggalan koloni Belanda, termasuk di antaranya rumah yang pernah menjadi tempat persinggahan Bung Karno tatkala berkunjung ke Berastagi di masa lampau.
Bukit Kubu di Berastagi
Bukit Kubu di Berastagi via mesran.net

9. Pasar Buah Berastagi

Lengkapi perjalanan wisata Berastagi Anda dengan berkunjung ke pasar buah yang ada di sana. Anda dapat menemukan buah-buahan dan sayuran segar di pasar ini. Cara yang paling populer dilakukan wisatawan adalah dengan membeli salah satu oleh-oleh khas Berastagi yang terkenal, yakni buah jeruk dan markisa.
Pasar Buah Berastagi
Pasar Buah Berastagi via espresso-tale.blogspot.com

Hotel di Kawasan Wisata Berastagi

Jangan khawatirkan tentang penginapan di Berastagi, sebab ada banyak pilihan tempat menginap yang dapat Anda pilih. Tersedia hotel, villa, resor, hingga guest house dengan fasilitas yang beraneka ragam di Berastagi. Beberapa hotel di Berastagi yang populer, di antaranya adalah Mikie Holiday Resort, The Hill Hotel & Resort Sibolangit, dan Grand Mutiara Hotel.
Anda dapat mencari hotel atau penginapan di Berastagi secara online guna memastikan ketersediaan kamar. Salah satu booking online yang populer adalahAGODA.

Rute Perjalanan ke Kawasan Wisata Berastagi

Daerah wisata Berastagi berada di Tanah Karo, berjarak sekitar 78 km dari kota Medan. Jika Anda memulai perjalanan dari Medan, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk dapat sampai di Berastagi. Anda juga dapat pergi ke Berastagi melalui jalur Sembahe, biasanya akan memakan waktu perjalanan selama 25 menit dari Sembahe ke Berastagi.
Dalam perjalanan menuju wisata Berastagi ini, Anda akan melewati daerah Sibolangit yang akan menyuguhkan hidangan pembuka wisata alam yang indah. Di sepanjang perjalanan, Anda dapat berhenti sejenak di pos-pos pemberhentian yang ada di sana untuk beristirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar