Sabtu, 14 Mei 2016

10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak

Akhir tahun hampir tiba, itu berarti saatnya Anda untuk merencanakan liburan bersama anak-anak. Untuk mempermudah perencanaan Anda, baca rekomendasi dan pengalaman pribadi Olen, seorang family travel blogger, berikut ini.

1. Sydney

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan untuk dilakukan pada malam Tahun Baru selain menyaksikan kembang api. Terlebih apabila Anda sedang berada di Sydney, Anda dan keluarga harus menonton pertunjukan kembang api besar dan berwarna-warni yang menghiasi langit di atas Sydney Opera House dan Harbour Bridge. Selain menonton dari Circular Quay, Anda dapat menikmati kembang api dengan cara menginap di salah satu hotel yang berada dekat dari area itu. Banyak hotel memiliki rooftop, sehingga anak-anak tidak perlu berdesak-desakan dengan ribuan orang dan akan merasa jauh lebih nyaman untuk menikmati pertunjukan kembang api ini.
Tempat wisata menarik di Sydney tidak hanya Opera House. Sydney memiliki banyak sekali tempat wisata untuk anak-anak, salah satunya adalah Taronga Zoo dan Luna Park Sydney. Selain banyaknya pilihan tempat wisata untuk keluarga, Sydney merupakan salah satu pilihan menarik untuk destinasi akhir tahun karena musim panas jatuh pada masa itu. Keuntungannya adalah kita tidak perlu membawa pakaian musim dingin yang menghabiskan banyak ruang di koper. Hal yang perlu diperhatikan adalah musim panas di Australia sangat panas dan kering, oleh karena itu anak-anak harus banyak minum. Mereka pasti akan menikmati duduk-duduk di pasir Bondi Beach sambil makan es krim dan gorengan cokelat Snickers yang sangat legendaris di Sydney.
10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak - Sydney, Australia

2. Lombok

Pasir lembut, air jernih, dan langit biru merupakan sejumlah hal yang membuat saya ingin kembali pergi ke Lombok. Pulau yang berada di timur Bali ini memang menjadi kian populer di kalangan turis domestik maupun mancanegara. Lombok pun merupakan destinasi wisata yang cocok untuk keluarga. Tujuan wisata utama di sini adalah pantai dan hampir semua anak menyukai bermain pasir dan air. Lombok menawarkan dua pilihan pantai bagi wisatawan. Kalau keluarga Anda ingin daerah yang ramai dengan kafe, restoran, serta olahraga air yang beragam, maka menginaplah di Gili Trawangan atau di sekitar Senggigi.
Saya pribadi lebih memilih Lombok Selatan. Pantai-pantai di sini lebih tenang dan sepi. Anak-anak bisa bebas bermain air dan membangun istana pasir sementara orang tua bisa duduk bersantai di kursi pantai. Hotel-hotel besar juga menyediakan kids club dan kolam renang yang asyik untuk anak-anak. Malamnya, ketika anak-anak sudah tidur, Anda dan pasangan pun bisa menikmati suasana Lombok yang romantis.
10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak - Pantai Mawun, Lombok

3. Aceh

Ternyata Aceh juga merupakan destinasi wisata yang menarik untuk keluarga. Aceh punya berbagai pilihan kegiatan wisata. Anak-anak pasti akan merasa senang diajak ke ujung barat Indonesia ini. Pantai-pantai di Aceh terlihat sangat cantik dan banyak yang masih alami. Anak-anak akan merasa antusias saat berkunjung ke PLTD Apung yang kini sudah dibuat museum. PLTD Apung adalah kapal pembangkit tenaga listrik yang terhempas tsunami sejauh 3,5 meter dari bibir pantai. Selain itu, anak-anak bisa berkunjung ke Museum Tsunami yang memang dibangun interaktif untuk pengunjungnya. Para orang tuajuga dapat menikmati minum kopi Aceh kental di kedai-kedai yang tersebar di seluruh Aceh.
Apabila Anda memiliki waktu lebih, maka menyeberanglah ke Pulau Weh. Pantai-pantai di sini memiliki kecantikan yang fenomenal. Perjalanan membutuhkan waktu satu jam dengan naik feri dari Pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan di Sabang. Pada musim liburan, banyak wisatawan yang ingin ke Sabang, sehingga Anda sebaiknya memesan tiket terlebih dahulu.
10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak - Aceh, Indonesia

4. Singapura

Singapura telah menjadi destinasi wisata favorit dari banyak orang Indonesia. Selain jarak yang dekat, tiket murah dan frekuensi penerbangan yang sering, Singapura memiliki atraksi wisata keluarga yang tidak terhitung, ada Singapore Flyer, Universal Studio, Gardens by the Bay, dan masih banyak lagi. Anak-anak pasti juga senang naik kereta gantung di Sentosa Island atau main pasir di Pantai Palawan.
Tidak hanya sisi modern dari Singapura yang menarik untuk anak-anak lihat. Sejarahnya pun bisa menjadi objek wisata menarik untuk Anda sekeluarga. Anak-anak bisa menjelajahi budaya Singapura di Chinatown juga menyeberangi jembatan-jembatan tertua di Negeri Singa ini -- Anderson Bridge dan Cavenagh Bridge. Saya suka sekali pemandangan Singapura dari jembatan ini, seolah menggabungkan antara Singapura masa lalu dan modern.
10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak - Universal Studio, Singapura

5. Yogyakarta

Yogyakarta sering menjadi tujuan wisata keluarga karena banyak hal. Salah satunya adalah kemudahan untuk mencapai kota ini. Sekarang penerbangan langsung ke Kota Gudeg ini berjumlah semakin banyak dan dengan harga tiket yang terjangkau. Selain itu, biaya hidup di Jogja terkenal murah bila dibanding kota-kota besar lain. Biasanya, agenda utama ketika ke Jogja adalah mengunjungi Candi Prambanan dan melipir ke Magelang untuk berkunjung ke Borobudur. Tapi, kalau anak-anak sudah pernah, mungkin mereka akan merasa bosan. Saya suka berkunjung ke candi-candi kecil sekitar Prambanan, antara lain Candi Plaosan, Candi Barong, Candi Ijo, Candi Sojiwan, dan sebagainya. Anda pun dapat mencobanya!
Sekarang, Jogja ternyata juga menjadi tujuan wisata pantai. Gunungkidul, salah satu kabupaten di DIY memiliki banyak pantai cantik dan cukup banyak yang masih sepi. Pantai Nglambor menjadi idola karena arus air lautnya yang sangat tenang dan bisa untuksnorkeling. Lokasi-lokasi wisata baru di sepanjang Sungai Oyo juga bermunculan. Anak-anak pasti akan menyukai tubing atau naik kayak. Apabila Anda ingin berfoto di ketinggian seperti banyak foto yang tersebar di media sosial belakangan ini, maka Anda bisa ke Kalibiru di Kulonprogo atau Becici di Gunungkidul.
Apalah artinya wisata ke Jogja kalau belum mencicipi kulinernya yang lezat? Beragam pilihan harga dan jenis makanan terdapat di kota ini, Anda bisa memilih yang mahal, yang tradisional, sampai yang sangat murah ala angkringan!
10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak - Puncak Becici, Yogyakarta

6. Hong Kong

Banyak orang yang berpendapat bahwa Hong Kong memiliki salah satu skyline terbaik di dunia. Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan Hong Kong adalah The Peak, yang bisa dicapai dengan funicular tram yang sudah berusia 100 tahun. Bayangkan betapa senangnya anak-anak saat naik kereta yang bisa mendaki bukit ini! Sesampainya di atas, Anda bisa menikmati pemandangan indah yang terbentang luas.
Salah satu favorit saya di Hong Kong adalah Ngong Ping 360. Ngong Ping terletak di Pulau Lantau. Cara terbaik ke sini adalah menggunakan sky cab atau kereta gantung. Beberapa di antaranya didesain dengan lantai kaca, jadi penumpang bisa melihat ke bawah. Di sini, Anda bisa menikmati sisi lain dari Hong Kong yaitu Hong Kong dengan hutan hijau, perbukitan, dan pedesaan.
Apabila anak-anak menyukai wahana yang memacu adrenalin, maka Anda dapat membawa mereka bermain ke Disneyland Hong Kong. Taman bermain ini juga menyediakan wahana-wahana lucu untuk anak yang lebih kecil. Orang dewasa pun akan menikmati bermain di sini.
10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak - Ngong Ping, Hong  Kong

7. Bali

Saya sendiri tidak pernah merasa bosan ke Bali. Selain pantai yang sudah populer di kalangan wisatawan, Bali memiliki pantai-pantai lain, misalnya Pandawa, Bingin, dan Karma Kandara. Apabila anak-anak merasa bosan ke pantai maka bisa berkunjung ke Bali Safari and Marine Park untuk berinteraksi dengan binatang. Selain itu Anda juga bisa membawa mereka ke Taman Burung, Taman Kupu-Kupu, dan banyak alternatif wisata keluarga lainnya.
Salah satu yang saya suka dari Bali adalah pilihan akomodasi yang beragam, mulai dari penginapan murah meriah hingga resort mewah pun ada. Atau, Anda bisa memilih menginap di vila-vila dengan kolam renang pribadi.
10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak - Bali, Indonesia

8. Tokyo

Hal yang membuat saya paling terpesona dari Jepang adalah orang-orangnya. Walau banyak di antara mereka yang tidak dapat berbahasa Inggris, mereka ramah pada wisatawan dan selalu membantu ketika melihat kami kesulitan. Menurut saya, Jepang adalah negara yang sukses mengkombinasikan antara kearifan tradisional dan kecanggihan modern. Tokyo punya Menara Skytree yang merupakan menara tertinggi di dunia, dan bangunan tertinggi ke dua se-dunia setelah Burj Khalifa. Anak-anak mana yang tidak suka melihat pemandangan dari menara tertinggi di dunia!
Jepang juga cocok untuk mengenalkan budaya yang berbeda kepada anak-anak. Di Tokyo ada beberapa kuil besar yang menarik untuk Anda sekeluarga kunjungi, antara lain Meiji-jingu dan Sensoji. Anak-anak bisa bermain ke Tokyo Disneyland dan Museum Doraeman.
Kegiatan favorit saya di Tokyo adalah berkunjung ke Pasar Tsukiji yang merupakan pasar ikan terbesar di dunia. Pasar Tsukiji berbeda dari sebagian besar pasar ikan di Indonesia. Pasar ini terlihat bersih, rapi, dan tidak berbau amis. Anda sekeluarga bisa menghabiskan waktui dan sarapan ikan bakar segar di foodcourt terbuka yang ada di sana. Jangan lupa untuk tidak meninggalkan sisa makanan di atas meja. Anda pun sebaiknya mengikuti budaya disiplin orang Jepang yang membuang sampah di tempat sampah dan dibedakan jenis sampahnya.
10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak - Tsukiji Market, Tokyo

9. Siem Reap

Anak Anda senang menonton Dora The Explorer? Anda dapat mengajak mereka mengeksplorasi candi-candi Angkor di Siem Reap, Kamboja. Walaupun di Indonesia banyak candi, candi-candi Angkor punya keunikan sendiri. Di Ta Prohm misalnya, anak-anak pasti senang menjelajah reruntuhan dan puing-puing. Mereka juga pasti antusias melihat akar-akar pohon besar membelit dinding candi yang usianya sudah ratusan tahun. Anak saya, ketika diajak ke Siem Reap, yang paling dia sukai adalah berkeliling kompleks Angkor dengan menggunakan tuk tuk.
10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak - Ta Phrom,  Kamboja

10. Johor Bahru (JB)

Penerbangan langsung dari kota-kota di Indonesia ke kota di ujung selatan Malaysia ini berjumlah semakin banyak. Dulu, Johor Bahru tidak terkenal sebagai tujuan wisata bagi orang Indonesia. Kini, setelah dibukanya Legoland dan Hello Kitty Land, pariwisata menjadi salah satu aset utama negara bagian Johor.
Walau sangat dikenal karena Legoland, sebenarnya Johor memiliki kekayaan alam yang memukau. Pantai-pantainya berpasir lembut dengan air biru jernih. Beberapa pulau di lepas pantai Johor memiliki resort terbaik di Malaysia.
Wisata ke Johor Bahru sering dikombinasikan dengan wisata ke Singapura, karena keduanya terletak berdekatan. Perjalanan antara Johor Bahru dan Singapura dapat ditempuh dengan bus selama 30 menit hingga 1 jam, tergantung antrian di imigrasi. Untuk menghemat biaya, Anda bisa memilih akomodasi di JB dan mengunjungi Singapura hanya untuk day trip. Tarif hotel dan harga makanan di JB tergolong jauh lebih murah daripada Singapura.
10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Bersama Anak-anak - Johor Bahru, Malaysia
Jadi, dari 10 destinasi rekomendasi Olen tersebut, mana yang akan Anda pilih untuk liburan akhir tahun bersama anak-anak? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar