Sabtu, 14 Mei 2016

5 Tempat Wisata di Medan untuk Mudik Liburan Lebaran

Jika Anda berencana mudik ke Medan, berikut adalah 5 tempat wisata yang paling direkomendasikan.

Sebagai kota keempat terbesar di Indonesia, Medan punya banyak hal menarik yang bisa Anda nikmati saat mudik nanti. Mulai dari wisata kuliner, berkunjung ke Istana Maimun dan melihat ribuan buaya yang ada di Taman Buaya Asam Kumbang.

1. Istana Sultan Maimun

Istana Sultan Maimun adalah salah satu istana termegah dan terindah di Indonesia. Istana ini merupakan peninggalan Kerajaan Deli yang dibangun oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada tahun 1888 dan berlokasi di Jalan Brigjen Katamso. Istana Sultan Maimun terdiri dari 30 ruangan dan memiliki luas keseluruhan sekitar 2.772 m2. Istana yang berwarna kuning ini memiliki arsitektur yang unik dengan perpaduan beberapa unsur kebudayaan Melayu bergaya Islam, Spanyol, India dan Italia.
Istana ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 08.00 - 17.00 WIB dengan tarif masuk Rp3.000,00 (anak-anak) dan Rp5.000,00 (dewasa). Sekitar 100 meter dari istana ini, Adna bisa menemukan Masjid Al-Maksum atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

2. Taman Buaya Asam Kumbang

Terletak sekitar 10 km dari pusat kota, Taman Buaya Asam Kumbang memiliki hampir 2.000 buaya dengan berbagai ukuran dan spesies. Anda dapat melihat hewan ini menikmati makanan ataupun mempelajari lebih lanjut tentang hewan tersebut di sini. Di tempat ini Anda juga bisa membeli suvenir yang terbuat dari kulit buaya. Tempat ini buka dari pukul 09.00 – 17.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp5.000,00.

3. Museum dan Bangunan Bersejarah

Di Medan terdapat beberapa museum yang juga menarik untuk dikunjungi. Ada Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara yang terletak di Jalan H.M. Joni No. 15, sekitar 3 km dari kantor Gubernur Sumatera Utara. Jika Anda berencana mengunjungi Danau Toba, sebelumnya mampirlah sejenak di Museum Batak yang ada di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Museum yang didirikan pada tahun 2005 ini dibangun menyerupai rumah adat Batak dan berbentuk segi empat. Di sini Anda bisa mengenal adat dan budaya Batak lebih jauh.
Jangan lupa juga berkunjung ke Maha Vihara Maitreya. Tempat yang dibangun pada tahun 1991 ini adalah salah satu vihara terbesar di Indonesia yang terletak di dalam kompleks Perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara. Di vihara ini terdapat kolam ikan koi (di sisi sebelah kiri vihara) dan taman burung. Di Taman Burung, Anda bisa melihat ratusan burung yang sedang asik beristirahat. Konon, burung-burung ini adalah burung migran yang berasal dari Eropa dan Australia yang menjadikan taman burung sebagai tempat singgah sementara. Ada juga Taman Avolokitesvara yang memiliki sarana permainan anak, cocok untuk Anda yang datang bersama buah hati. Mesjid Raya Medan dengan bangunannya yang merupakan gaya campuran dari Spanyol, India, dan Timur Tengah juga bagus untuk dikunjungi.

4. Danau Toba

Meski terletak jauh dari Kota Medan, namun danau terluas di Asia Tenggara sekaligus tebesar kedua di dunia ini wajib Anda kunjungi saat mudik ke Medan. Anda bisa mencapai Danau Toba dengan bis umum dari Terminal Pinang Baris ke arah Parapat dengan tarif sekitar Rp50.000,00 dan waktu tempuh 6 jam. Selain itu, Anda juga bisa naik mobil travel dengan biaya sekitar Rp80.000,00. Jika Anda bepergian dengan keluarga, ada baiknya Anda menyewa / menggunakan mobil pribadi.
Selain melihat keindahan danau vulkanik ini, Anda juga bisa menyebrang ke Pulau Samosir yang berada di tengah danau. Anda bisa menyeberang ke Pulau Samosir di pagi hari menggunakan kapal feri dengan harga tiket sekitar Rp15.000,00 per orang. Akomodasi pun banyak terdapat di sini. Mulai dari yang murah seperti homestay / guest house sampai dengan resort mewah yang cukup mahal.

5. Kuliner dan Belanja

Di Medan banyak terdapat pusat perbelanjaan dan mall. Jika Anda menyukai barang-barang antik,, Anda bisa pergi ke Jalan A. Yani di mana Anda bisa menemukan berbagai macam barang antik khas suku Batak, Aceh dan Minang. Di Monginsi di Plaza (Monza), Anda bisa berbelanja pakaian, jaket, sepatu, tas dan aneka barang lainnya yang semuanya adalah barang bekas.
Mencari tempat nongkrongnya anak muda Medan? Pergilah ke Jalan Merdeka. Lokasinya pas di kawasan Lapangan Merdeka, tak jauh dari kantor Pemerintahan Kota Medan. Buah durian yang paling enak di Indonesia berasal dari Kota Medan. Anda bisa menemukan penjualnya di Jalan Iskandar Muda, Sunggal, Pinang Baris dan sekitar Pasar Melati. Atau Anda juga bisa membawa Pancake Durian sebagai oleh-oleh. Selain durian, bika ambon adalah kue khas Medan yang juga sangat terkenal. Anda bisa mengunjungi Jalan Majapahit untuk mendapatkan bika ambon dan sirup marquisa terbaik.

Akses Transportasi

Untuk mudik ke Medan, Anda bisa terbang ke Bandara Internasional Kuala Namu (KNO) yang terletak di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, sekitar 39 km dari Kota Medan. Bandara ini merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta, yang merupakan pengganti Bandar Udara Internasional Polonia Medan (MES).
Dari bandara, untuk menuju ke pusat kota, maupun sebaliknya, terdapat beberapa alternatif transportasi, yaitu:
- Naik bis Damri dari Amplas dengan tarif Rp10.000,00 atau dari Jalan Gatot Subroto atau Medan Fair (Carrefour) dengan tarif Rp15.000,00.
- Naik taksi dengan tarif mulai dari Rp145.000,00 (tergantung kondisi jalan).
- Naik kereta api bandara. Waktu tempuh sekitar 25 – 30 menit dengan tarif Rp 80.000,00.
Sudah siap untuk mudik ke Medan? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar