Jumat, 13 Mei 2016

7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya

7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya – Dunia tempat kita tinggal ini memiliki macam-mamam keajaiban dunia. Umumnya disebut 7 tempat keajaiban dunia meskipun terkadang ada pula versi 5 keajaiban dunia. Yang manapun, khusus di halaman ini, kami akan menampilakan 7 keajaiban dunia 2015. Apa saja keajaiban dunia saat ini?
Sebelumnya, pernah juga suatu berita menyebutkan 8 keajaiban dunia 2015. Namun karena masih kontroversi sehingga tidak kami masukkan ke dalam daftar ini. Untuk diketahui, pemberian nama “ajaib” untuk tempat atau bangunan yang ada sekarang ini dipelopori oleh Antipater Sidon pada tahun 140 SM (sebelum masehi). Si Antipater Sidon ini mengumpulkan serta menuliskan tempat-tempat terbaik dan terindah sehingga orang yang membacanya berdecak kagum akan keindahannya. Saking indahnya tempat tersebut, sehingga disebut sebuah keajaiban.
Pulau Komodo (Komodo Island) juga pernah masuk “nominasi” dari 7keajaiban dunia. Hanya saja “belum” beruntung. Nah, apa saja 7 keajaiban dunia ini? Perhatikan data informasi di bawah ini lengkap dengan foto.

Daftar dan Gambar 7 Keajaiban Dunia Terbaru

1. Taj Mahal – India
Taj Mahal - Keajaiban Dunia di India
Taj Mahal sebagai Salah Satu Tujuh Keajaiban di Dunia
Taj Mahal merupakan monumen yang berada di Agra, negara India. Kaisar Mughal Shah Jahan bin Jahangir yang memerintahkannya untuk dibangun sebagai musoleum “kuburan” bagi istri Ratu Arjumand Banu Begum atau Mumtaz Mahal atau Mumtaz-ul-Zamani. Taj Mahal memakan waktu sekitar 22 tahun dalam proses pembangunannya (tahun 1630 hingga selesai tahun 1653). Sungguh sebuah karya luar biasa dari para arsitek Mughal.
Kaisar Mughal Shah Jahan, mempunyai harta yang banyak selama masa pemerintahannya. Sehingga, ketika istri tercintanya wafat pada tahun 1631 ketika melahirkan putri cantik Gauhara Begum sebagai anak ke-14, dibangunlah Taj Mahal ini.
Dan akhirnya, ketika menginjak tahun 1983, Taj Mahal diterima sebagai salah satu 7 monumen dunia UNESCO atau Situs Warisan Dunia versi UNESCO.
2. Roman Colosseum – Italy
7 keajaiban dunia dan penjelasannya 2014
Roman Colosseum atau Koloseum Roma sebagai Contoh Keajaiban Dunia
Didirikan pada zaman kuno Mediterania. Roman Colosseum atau dalam bahasa Indonesia Koloseum Roma merupakan simbol dari semangat romawi dan gladiator yang “bermain darah”/bertarung di Amphiteater Colosseum. Sebelum disebut The Elips Colosseum, awalnya bernama Flavian Amphitheatre.
Arsitek yang mendalangi pembangunan Kolosseum ini adalah Vespasian. Vespasian membangun tempat ini sebagai wadah untuk pertunjukan pertarungan antar gladiator bahkan pertarungan hingga mati. Amfiteater atau Flavian Amphitheatre pernah masuk ke dalam 69 Keajaiban Dunia abad Pertengahan. Koloseum ini berada di kota Roma, yang saat itu dipimpin oleh Walikota Vespasian saat era Domitianus dan akhirnya terselesaikan oleh Titus yang merupakan anaknya sendiri. Kapasitas jumlah penonton yang sanggup ditampung Koloseum adalah Lima Puluh Ribu orang.
3. Pyramid di Chichen Itza – Mexico
Pyramid at Chichen Itza 7 bangunan keajaiban dunia
Pyramid at Chichen Itza sebagai salah satu dari daftar 7 keajaiban dunia
Salah satu merupakan keajaiban dalam dunia arkeologi adalah The sacred Pre-Hispanic site of Chichen Itza yang berada di timur semenanjung Yucatan, Meksiko. Memiliki arti “dekat tepi air” dan menjadi kota terbesar suku Maya. Piramid ini dibangun pada masa pemerintahan sekitar tahun 750 Masehi dan 900 Sebelum Masehi. Sejatinya, situs ini adalah komplek dengan luas area kurang lebih 5 km2 yang terdiri dari rumah berlapis dan tersebar.  Struktur dari Chchen Itza ini menyerupai struktur Kuil Warriors, El Castillo,  The Great Ball Court dan lain-lain. Komposisi susunannya terdiri dari batuan halus bergaya Maya Toltec.
Situs Chichen Itza saat ini statusnya “tutup” karena masih dalam proses recovery. Padahal sebelumnya saat menjadi tempat wisata jumlah kunjungan pertahunnya bisa lebih dari 1 juta wisatawan yang datang.
4. Machu Picchu – Peru
Keajaiban Dunia Machu Picchu Peru
Machu Picchu di Peru sebagai Keajaiban Dunia UNESCO
Machu Picchu berarti Gunung Tua jika dalam bahasa Quechua Machu Pikchu. Penduduk setempat sering menyebutnya dengan “The Lost City of Inca” atau Kota Inca yang Hilang. Sebutan ini berdasarkan pada lokasi tempat reruntuhan suku bangsa Inca pra-Columbus yang berada di wilayah pegunungan dengan ketinggian kurang lebih 2.350 m DPL (Di atas Permukaan Laut). Tepatnya di 70 km barat laut kota Cusco di Lembah Urubamba di negara Peru.
Machu Picchu dipercaya sebagai warisan dari kekaisaran Inca yang dibangun pada abad ke-15 di tengah-tengah hutan hujan tropis yang sarat akan alam yang eksotis. Susunan struktur situs bersejarah ini terdiri dari lantai yang landai dengan dinding-dinding sangat besar dan ukiran alami yang banyak terlihat di terasnya.
5. Petra – Yordania
Situs Purbakala Petra Yordania
Situs Purbakala Petra sebagai salah satu Gambar Tujuh Keajaiban Dunia
Situs arkeologikal Petra terletak di Wadi Musa, Petra, Ma’an, negara Yordania. Bangunan ini memiliki arsitektur yang luar biasa keren. Mengapa? Karena dipahat pada batu besar. Tidak sekedar membangun, sistem perairannya pun juga dibangun.
Menurut perkiraan, Petra dibangun sekitar tahun 312 SM. Yang nonton film Transformer mungkin melihat situs ini di sana 😀 Petra berada pada dataran rendah di antara Gunung Hor. Situs Petra belum diketahui dunia hingga sekitar tahun 1812 Masehi. Saat itu Johann Ludwig Burckhardt -seorang pengembara dari negara Swiss- melihatnya untuk pertama kali. Petra dinobatkan menjadi Warisan Dunia UNESCO per 6 Desember 1985. Petra juga masuk kategori sebagai tempat yang wajib didatangi sebelum meninggal dunia.
6. Great Wall of China – Tembok Besar Tiongkok – China
situs keajaiban dunia Tembok Besar Cina
Bangunan di Thiongkok yang merupakan salah satu keajaiban dunia adalah Great Wall of China atau Tembok Besar Tiongkok
Saat pelajaran Sekolah Dasar, tahunya hanya nama Tembok Besar Cina (Great Wall of China). Ternyata bisa pula disebut Tembok Raksasa Tiongkok. 😀 Bukan sembarang tembok, tembok ini adalah tembok terpanjang dan terbesar yang pernah dibangun oleh manusia. Tembok Besar Cina/Tiongkok ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia di tahun 1987.
Tujuan awalnya adalah pertahanan dalam bidang militer untuk menjadi penggalam musuh dari sisi bagian utara. Konon, saking besarnya tembok ini, jika kita melihatnya dari satelit bumi alias bulan, tembok ini akan terlihat dari sana. :-O Dinding-dindingnya didirikan pada 220 Sebelum Masehi. Pembangunan selesai pada masa kaisar Dinasti Ming (1368-1644) dengan total panjang sekitar 21.196 km atau 13.170 mil! GILA, vroh!
7. Christ Redeemer – Patung Kristus Penebus – Brazil
monumen 7 keajaiban dunia Christ Redeemer Patung Kristus Penebus
Patung Kristus Penebus di Rio Brazil
Bangunan ini, entah kenapa ikut masuk daftar keajaiban dunia 2015. Terletak di  Taman Nasional Hutan Tijuca di Rio de Janeiro, Brazil dengan tinggi 38 m (di mana 8 meter-nya adalah alas patung) plus 710 m karena berada di puncak Gn. Corcovado. Kalau boleh dibilang, seharusnya ini masuk keajaiban dunia modern.
Demikianlah New 7 Wonders of the World 2015 atau daftar tujuh keajaiban dunia terbaru 2015. Anda pernah berkunjung ke salah satunya atau ke semua tempat 7 keajaiban di dunia? Mudah-mudahan Anda yang belum dan kebetulan membaca artikel ini bisa mendapat rezeki yang banyak dan baik agar bisa berwisata ke tempat 7 keajaiban dunia di atas. Kita patut bersyukur atas keindahan yang bisa kita nikmati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar