Jumat, 13 Mei 2016

Mengenal Tempat Wisata Edukasi Paling Populer di Dunia

tempatwisataedukasidunia

Ingin mengisi waktu liburan bersama keluarga dengan pengalaman yang berbeda? Sesekali coba deh berkunjung ke obyek-obyek wisata yang sarat edukasi namun tetap seru dan ngga membosankan. Wisata pintar semacam ini sudah lama diminati anak-anak yang tertarik pada dunia ilmu pengetahuan dan teknologi ataupun orang tua yang ingin memicu minat anak terhadap sesuatu yang baru dan bermanfaat. Coba bayangkan jika mereka berkesempatan untuk melihat langsung kerangka raksasa dinosaurus seperti di film Night at The Museum, melihat binatang Panda secara langsung dan belajar tentang habitatnya di alam terbuka, bereksperimen dengan gas alam hingga belajar membuat dam raksasa.
  • MUSEUM GAS TOKYO, JEPANG
Museum Gas Tokyo atau Tokyo Gas Science ini dioperasikan oleh perusahaan Tokyo Gas, yang sengaja membuka museum ini untuk memperkenalkan kegunaan gas alam kepada anak-anak sejak usia sekolah dasar. Macam-macam aktifitas yang berhubungan dengan gas bisa kamu temui disini. Saat pertama menginjakkan kaki di lobi museum, pengunjung anak-anak bisa mencoba langsung cara pengoperasian miniatur balon gas, lengkap dengan nyala apinya. Ada juga ruang pamer dimana pengunjung bisa menciptakan warna warni api atau mencoba bereksperimen dengan cara mengontrol api dan melekatkan pada bola sabun berisi gas methan, yang bisa menciptakan ledakan-ledakan kecil. Jangan khawatir, semuanya aman karena berada dibalik dinding kaca tebal. Terdapat 7 zona ruang pamer yang bisa membuat adik-adik tanpa terasa bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Oh ya, Museum Gas ini gratis biaya masuk lho!
  • MUSEUM BANK INGGRIS, LONDON
Bisa dibilang, Bank Of England Museum ini ingin menunjukkan kehebatan bank Inggris dalam mengatur kestabilan ekonomi dan inflasi. Meski museum ini terlihat berat bagi anak-anak namun lucunya banyak sekali aktifitas di museum ini yang lebih ditujukan pada anak-anak. Bahkan terdapat pula jadwal kunjungan sekolah. Mulai dari aktifitas mencoba memecahkan kode rahasia kotak penyimpan uang hingga mengisi kuis yang disebut Activity Sheet, yang bisa ditukarkan berupa hadiah hiburan. Pengalaman yang paling mengesankan dari museum ini adalah kamu berkesempatan untuk melihat tumpukan 1 ton batang emas asli di dalam ruang display kaca termasuk berkesempatan untuk mengangkat sebatang emas tersebut. Bank of England Museum juga membebaskan biaya masuk alias gratis.
  • NEMO SCIENCE CENTER, AMSTERDAM
Museum NEMO yang terletak tidak jauh dari stasiun Amsterdam Central ini memiliki bentuk bangunan mirip kapal dan terletak di tengah air sehingga untuk mencapainya harus menyeberangi jembatan. Museum ini menampilkan segala macam pameran mengenai ilmu pengetahuan, dari pengetahuan logika dan matematika, mempelajari fenomena alam, mempelajari bagaimana proses pengiriman barang logistik ke seluruh dunia atau belajar membuat dam. Harga tiket masuk 15 euro.
  • CHENGDU RESEARCH BASE OF GIANT PANDA BREEDING, CHINA
Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding ( badan penelitian kelestarian Panda ) memang didirikan untuk melestarikan kelangsungan hidup Panda yang semakin sedikit jumlahnya ini. Meski berupa badan penelitian, namun mereka juga membuka tempat ini sebagai tempat wisata yang bertujuan agar wisatawan bisa mengenal lebih dalam tentang hewan lucu ini. Kamu bisa melihat langsung bayi-bayi Panda yang baru saja dilahirkan dan dirawat dalam inkubator, melihat aktivitas Panda secara keseluruhan, menonton film pendek tentang pelestarian Panda dan jangan lupa untuk bertatap muka dengan Panda Merah yang tergolong langka. Belum lagi suasana Taman Badan ini yang sangat asri dan bersih, bakal bikin kamu makin betah berlama-lama bertemu Panda. Oh ya, beberapa aturan yang harus dipatuhi selama mengunjungi Taman Panda ini adalah pengunjung harus tenang, tidak berisik, dilarang merokok, memetik bunga atau membuang sampah sembarangan. Malah, disarankan agar sesama pengunjung dapat saling mengingatkan untuk mematuhi semua peraturan tadi. Harga tiket berkunjung RMB 58 per orang. Jika ingin berfoto bareng baby Panda, kamu harus rela menyumbang sekitar RMB 2000.
  • AMERICAN MUSEUM OF NATURAL HISTORY, NEW YORK CITY
Sesuai namanya, mengunjungi museum ini sama saja dengan belajar mengenai sejarah alam dan seluruh isinya, koleksi nya pun super komplit. Koleksi yang dipamerkan mulai dari Permanent Exhibitions alias yang sudah pasti ada setiap saat kapanpun kamu berkunjung atau Current Exhibitions ( gampangnya pameran musiman dan berdasar tema tertentu ). Berbagai macam display seperti kerangka dinosaurus, geologi bebatuan, luar angkasa, binatang dan tumbuhan sampai asal usul manusia bisa ditemui di museum ini. Bagi yang ingat adegan fosil kerangka T-rex yang tiba-tiba bisa bergerak dan mengejar si penjaga museum di film Night at The Museum, nah, di American Museum of Natural Historylah tempatnya. Lokasinya dekat dengan Central Park, tiket masuk untuk umum USD 22,-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar